Cara Memilih Ayam Bangkok Terbaik

 Cara Memilih ayam Bangkok Terbaik

Cara Memilih ayam Bangkok  – kalau bicara ayam aduan mungkin tiada habisnya , bagi pemula atau calon botoh memilih ayam bangkok super itu sulit .

dimana sang penjual berdalil bahwa ayam yang bangkok yang dia miliki ayam bangkok super , dengan sedikit bujuk rayuam dan akhirnya pun penghoby pemula hanyut dalam rayuan hehehe

untuk memilih ayam aduan dengan kualitas terbaik kita harus memperhatikan gambaran dan gaya tarung  dari ayam tersebut , kenapa ?

karena menurut botoh Indonesia gambaran ayam bangkok bisa mencerminkan gaya tarung atau ules ayam tersebut .

Ayam bangkok yang nggambar akan banyak di cari oleh para botoh , karena memiliki beberapa kelebihan ,Untuk memilih ayam aduan terbaik kita harus lebih  jelih lagi  memilih dari ujung cucuk sampai ujung kaki.

dan berikut saya akan menjelaskan bagai mana cara memilih ayam bangkok terbaik , informasi ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi dan masukan dari teman teman .

 

– Dari Segi Cucuk

ayam bangkok super memiliki cucuk yang besar dan panjang seperti cucuk burung elang . yang apabila mengigit lawanya tidak akan lepas

Cucuk besar akan membuat lawan berpikir bila adu cucuk..bahkan bisa secara ber angsur mental musuh menurun karena kalah dalam  beradu cucukn.jadi pilihlah ayam bangkok dengan cucuk yang besar .

–  Dari Segi Mulut

ciri ayam petarung yang bagus adalah bermulut lebar  saran dari pakde saya untuk memilih mulut sebaiknya kita memilih bagian mulut yang lebar

 

kenapa kita harus memilih mulut ayam bangkok yang lebar ??

Mulut lebar itu otomatis memiliki rahang yg bertulang tebal. Sehingga ayam bangkok yang memiliki mulut yang besar akan kuat menghadapi musuh yg punya pukul super cup

– Dari Segi Kepala

untuk segi kepala alangkah baiknya kita mencari ayam yang njambe atau seperti buah pinang

kenapa kita harus memilih ayam bangkok dengan kepala mirip dengan buah pinang ?? sudah sejak jaman dahulu botoh lawas senang dengan kepala ayam bangkok mirip seperti buah pinang , karena biasanya type ayam tangkas , menyerangnya dari segala arah , lain halnya dengan kepala biasa ,

– Dari Segi Leher

Untuk leher kita cari leher yang  besar dan bersendi rapat

kenapa kita harus memilih leher yang besar dan bersendi rapat supaya leher akan tahan ketika di pukuli oleh lawan ,

jika leher kecil dan  sendi renggang   ketika ayam di tarungkan dan apabila menerima pukulan yang keras maka  akan patah  .

jangan pilih leher seperti huruf S karena type leher seperti huruf S  sangat rentan jika terpukul bagian leher .

 

 

Baca Juga

Bagian vital ayam aduan yang apabila dipukul akan berakibat fatal

 

 

– Dari Segi Badan

untuk bagian badan alangkah baiknya bentuk badan seperti jantung pisang atau bulat seperti botol dan tulangan tebal

kenapa para botoh mencari bentuk ayam bangkok njantung ? karena badan ayam akan lebih lentur , dan dengan tulangan yang tebal ayam bisa lebih tahan pukul bagian badan

– Dari segi Sayap

untuk bagian sayap kita baiknya memilih tulangan sayap yang tebal dan bulu rapat lidi bulu besar, kepakan sayap bunyi saat ayam mengepakan sayapnya .

sayap juga berfungsi untuk membantu pukulan kaki maka alangkah baiknya memiliki tulangan sayap yang tebal dan bulu rapat

– Dari segi Kaki

untuk masalah kaki menurut botoh senior saya pilih kaki yang bulat dan ber jari tengah panjang

kenapa memilih kaki bulat ? Kaki bulat lebih kuat dan berisi..dari pada kaki yg mblimbing Jari panjang,lbh kuat kuda kuda..lbih sakit pukulnya .

1. Yang penting kaki kering dan keras.
2. Kalau sisiknya rapi, harus sekalian benar2 rapi baik kaki kiri maupun kanan. Bentuk dan susunan seragam dgn ukuran yg harmonis.
3. Kalau berantakan, ya sekalian berantakan semua kiri dan kanan. Kalo bisa sampe nongol2 kaya sisik buaya.
4. Cari keanehan yg tdk dijumpai secara umum. Mis : sisik di telapak, Sisik pecah, sisik nyelip di jalu, ubet,

– Dari Segi Brutu / Tulang Supit

Pilih tulang supit yang  tebal dan keras

Tulang supit menggambarkan keadaan tulang di dalam tubuh ayam. Bila tulang supit tebal dan keras, maka bisa diartikan tulangan dalam tubuh ayam juga keras dan tebal.

Tulangan yg kokoh memungkin otot2 menempel dan tumbuh dgn baik. Maka jangan heran, ayam yg memiliki tulang supit tebal dan kokoh rata2 memiliki power yg baik dan lebih mudah dirawat.

Ada juga yg berpendapat :

Tulang supit yg rapat mencirikan pukulan yg cepat. Sy belum secara cermat membuktikan.

Tulang supit yg agak renggang mencirikan stamina ayam yg ekstra. Ini mungkin beralasan krn diantara kedua tulang supit yg agak renggang artinya ada ruang yg lebih luas bagi organ2 tubuh untuk leluasa mengembang dan ‘bernapas’ dalam kondisi lelah akibat bertempur lama.

Brutu adlh tempat bulu2 ekor tumbuh. Sementara ekor berfungsi sbg alat keseimbangan ketika ayam melompat melontarkan pukulan.

Brutu yg besar dan rapat ke badan memungkinkan ayam lebih bisa mengendalikan keseimbangan tubuh. Pada akhirnya bisa melontarkan pukulan dgn lebih cepat dan akurat.

Penjelasan diatas hanyalah sebagian teori pedukung saja. Pada kenyataannya, ayam yg memiliki pukulan yg keras dan akurat dipengaruhi juga faktor2 lain yg harus mendukung.

Baca Juga

sisik Satriya sinekti , katuranggan sisik ayam terbaik

tips untuk melawan ayam birma

Selsai sudah Cara Memilih ayam Bangkok , hal di atas mrupakan teori dari pengalaman botoh lawas yang saya ringkas menjadi satu sehingga anda lebih mudah untuk membaca ,,

dan dengan sangat hormat saya siap menerima masukan apapun dari anda , silahkan anda bisa menambahakan masukan di kolom komentar di bawah ,

karena berbagi itu indah

[banner id=”565″]

Add Comment